Renungan Menjelang Idul Fitri

Idul Fitri telah berada di hadapan kita...Pertanda Ramadhan akan berakhir. Seiring dengan berlalunya Ramadhan dan saat mentari di hari yang Fitri menjelang...mari kita sedikit merenung apakah yang bisa kita berikan kepada orang tua???
Kasih Ibu sepanjang masa
kasih anak sepanjang penggalah...

Ketika orang tua kita begitu ikhlas merawat kita, begitu rela melewati masa krisis ketika melahirkan kita, lalu apa yang bisa kita berikan kepada mereka...?
Ketika mereka memeras keringat, menepis rasa malu, membuang rasa takut, untuk menghidupkan kita, lalu apa yang bisa kita berikan kepada orang tua kita...?
Tangisan kebahagiaan...?
Tangisan kesusahan...?
Keceriaan karena berkumpul bersama di hari nan fitri...
Atau malah kesendirian dalam kesunyian karena kita jarang mengunjunginya...?

Saudara...ketika kita kecil, ketika kita bayi apalagi, orang tua kita, terutama ibu, tidak akan pernah bisa berpisah dari kita. Sekarang lihat, kita biarkan ayah dan ibu kita lebih banyak dalam kesepiannya di hari tua...? Berapa hari dalam seminggu kita luangkan waktu menemaninya...? Berapa minggu dalamsebulan kita bawa anak cucunya ke pangkuannya...? Apakah karena sudah pakaikan pada mereka pakaian yang baik lalu kita anggap cukup...? Apakah karena sudah kita rumahkan mereka kita sudah pandang cukup...?Apakah dengan kita kirimkan suster untuk merawatnya, lalu kita cukupkan perawatan suster tersebut...? Kita tanya saja pada diri kita sendiri.
Tidak....Bukan...bukan itu semua yang orang tua kita inginkan. Mereka hanya ingin saat ini mereka bisa mengulurkan tangannya tuk memberi maaf kepada putra-putrinya meskipun seberapa besar dosa dan kesalahan kita. Dalam keahruan di hari nan fitri yang sesaat lagi menjelang...mereka hanya ingin...ya...mereka hanya ingin merengkuh anak-anaknya jatuh dalam pelukannya. Haruskah kita biarkan air mata mereka menetes dalam kesendiriannya, disaat orang tua yang lain tersenyum bahagia menyambut keadatangan anaknya ??? Hanya untuk itu..tidakkah kita luangkan waktu kita untuk bersama-sama mereka di hari yang bahagia....???

(Sebagian besar tulisan ini diambil dari Buku Temukan Penyebabnya Temukan Jawabannya oleh Ust. Yusuf Mansur)

Comentários:

Posting Komentar

 
Muslim Kaffah Blog's © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |